duka derita menapak disisi kita
mengikuti tiap langkah angan nan ceria
sementara kecewa, keberhasilan adalah sisi lain yang hrs kita lalui dengan bijak,
jika tidak, kita akan tersungkur diantaranya

Sabtu, 11 Februari 2012

Reog Ponorogo - Tradisional Dance





Reog Ponorogo


Irama rancak mengiringi rombongan reog yang meramaikan acara Surabaya Cross Culture 2008. Kendang kempul, ketipung, ketuk, kenong, goong dan angklung membangkitkan semangat para penari. Sementara alunan melengking slompret mendayu-dayu menambah aroma mistis-eksotis yang membuat awak traditional dance ini bergerak lebih atraktif.

Reog Ponorogo, dari namanya, kesenian tradisional ini dapat dipastikan berasal dari Ponorogo - Jawa Timur. Reog salah satu budaya daerah di Indonesia, memang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik. Reog, sering diidentikkan dengan dunia hitam, preman atau jagoan serta tak lepas pula dari kekuatan supranatural. Kesenian ini mempertontonkan keperkasaan pelaku dalam mengangkat dadak merak dengan kekuatan gigitan gigi selama pertunjukan.

Dalam pertunjukan Reog, biasa ditampilkan :

Barongan ( Dadak Merak ), topeng berbentuk kepala singa yang dikenal sebagai "Singa barong", raja hutan, diatasnya ditancapkan bulu-bulu merak hingga menyerupai kipas raksasa, tokoh ini akan tampil dominan dalam setiap pertunjukan reog.

Jathilan, diperankan oleh kelompok penari gemblak yang menunggangi kuda-kudaan, yang menggambarkan ketangkasan prajurit berkuda yang sedang berlatih.

Warok, yang merupakan karakter/ciri khas dan jiwa masyarakat Ponorogo yang telah mendarah daging sejak dahulu yang diwariskan oleh nenek moyang kepada generasi penerus. Warok merupakan bagian peraga dari kesenian Reog yang tidak terpisahkan dengan peraga yang lain dalam unit kesenian Reog Ponorogo.

Klono Sewandono, atau Raja Kelono, tokoh sang Raja kegagahan di gambarkan dalam gerak tari yang lincah serta berwibawa, dialah yang menciptakan kesenian yang indah ini.

Bujang Ganong (Ganongan), atau Patih Pujangga Anom adalah tokoh yang enerjik, kocak sekaligus mempunyai keahlian dalam seni bela diri- kanuragan sehingga disetiap penampilannya tidak jarang melakukan akrobat jungkir balik, salto dan gerakan enerjik lainnya, menggambarkan bak sosok seorang Patih Muda yang cekatan, berkemauan keras, cerdik dan jenaka.
( diunggah dari koleksi pribadi 2008)

Tidak ada komentar: